Pengertian Aluminium Foil dan Fungsinya 

aluminium-foilAluminium foil merupakan salah satu hasil produksi yang berbahan dasar aluminium. Aluminium jenis foil rata-rata mengandung aluminium sebesar 92-99%. Aluminium sendiri biasanya terbuat dari bahan bauksite, silikat dan alumina. Bahan aluminium ini yang saya sebutkan tersebut  bisa disebut juga dengan bahan Alloy. Ketiga bahan tersebut pada umumnya diimpor dari wilayah Amerika bagian Utara dan Eropa bagian Utara.

Kertas khusus yang satu ini merupakan sebuah kertas yang banyak digunakan untuk membungkus makanan dan produk-produk lainnya. Biasanya makanan jenis tertentu seringkali dibungkus dengan menggunakan aluminium foil saat dimasak agar mendapatkan tingkat kematangan yang pas (tidak lebih dan tidak kurang). Sifat dan kandungan aluminium yang ada di dalam kertas ini membuat perambatan panas menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Lembaran aluminium jenis foil pada dasarnya bersifat rapuh dan mudah sekali untuk lecek (hal ini mudah sekali untuk anda lihat ketika kertas aluminium jenis foil yang akan berbunyi nyaring ketika diremas) jika ingin tidak rusak penggunaannya harus dilakukan dengan cermat. Walaupun demikian kertas aluminium jenis foil ini mudah sekali digunakan untuk membungkus berbagai jenis makanan dan material karena bahannya yang mudah sekali dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Lembaran kertas khusus ini dibuat dengan melewati beberapa proses yang kemudian akhirnya dibuat menjadi ukuran jadi (ketebalan kertas aluminium foil sebesar 0,2 mm).

Sifat utama yang dimiliki oleh aluminum foil adalah penerima panas yang baik. Kalau soal kegunaannya untuk membungkus makanan sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Soal kehebatan aluminium ini untuk membantu anda merapikan baju yang sedang disetrika mungkin hanya sebagian orang saja yang tau. Hal inilah yang membuat aluminium ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Bahkan beberapa masyarakat yang inovatif saat ini sudah menggunakan kertas ini untuk melapisi bagian bawah genteng rumahnya. Kertas aluminium jenis foil mampu untuk menyerap terik panas matahari sehingga rumah anda akan terasa lebih sejuk bahkan ketika cuaca sedang terik-teriknya.

Tidak hanya itu, kertas aluminium foil bahkan bisa dipergunakan sebagai pengganti kertas ampelas untuk menggerus karat yang terlihat pada alat-alat yang terbuat dari logam (terutama yang terbuat dari aluminium). Kandungan bahan aluminium yang ada di dalam kertas ini, bisa membuat karat menjadi rontok secara perlahan-lahan. Bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada kertas di dunia ini yang memiliki kelebihan versatile seperti yang dimiliki oleh kertas aluminium jenis foil.

Ada yang mengatakan bahwa kertas khusus ini memiliki kekurangan yang dapat rusak karena pengaruh garam yang sangat kuat, pengaruh asam termasuk pengaruh logam berat. Namun sebenarnya hal ini masihlah bersifat rumor, karena sampai saat ini belum ada masyarakat yang mengeluhkan efek samping dari penggunaan aluminium foil dalam memasak. Selain itu aluminium jenis foil pada dasarnya tahan terhadap senyawa kimia apa saja karena kertas ini tidak mudah untuk meleleh ketika bertemu dengan panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *